Manfaat Penelitian

Judulnya kelihatan serius ya……….ilmiah gitu loch!

Kali ini saya mau bicara tentang manfaat sebuah penelitian. Sudah pasti, penelitian itu dibuat karena ada sebuah masalah yang belum diketahui sebabnya atau cara mengatasinya. Melalui sebuah penelitian, suatu masalah baik yang bersifat sosial, teknik, biologis, dan ekonomis dapat dikaji sebab-sebabnya sehingga akan diperoleh solusi yang tepat. Jika metodenya tepat, begitu juga proses pelaksanaannya, hasil-hasil penelitian akan memberikan pengetahuan-pengetahuan baru yang dapat memperkaya keilmuan kita.
Sampai di sini, nampak serius sekali kaaaaaaaaan???

Oke, lanjut!

Bagi saya, manfaat penelitian tidak hanya sebatas memperkaya pengetahuan saja, tapi juga untuk memperkaya diri.

Kenapa? Karena, dengan adanya penelitian,
Saya bisa dapet honor
Saya bisa jalan-jalan gratis, dapet uang saku pula
Saya bisa tulis hasilnya di jurnal, dan bisa untuk naik pangkat, it means gaji saya juga naik
Kalau hasilnya bisa dikomersilkan, saya bisa jadikan bisnis, duit dech!
Kalau sudah sampai tahap sangat expert, saya bisa dapet job sebagai narasumber atau tenaga ahli untuk bidang tertentu, honornya pasti tinggi

Hm….gimana, udah nampak matre ketimbang serius bukan??

Lanjut lagi………

Nah, ini juga manfaat yang tak kalah penting. Dengan penelitian, saya bisa makan buah gratis, bisa bagi-bagi pula ke orang-orang di kantor. Kenapa bisa gitu?

Saat ini, adik saya sedang ada di tingkat akhir program studi Teknik Pertanian. Dia lagi penelitian untuk menyusun skripsi. Begitu juga teman-teman seangkatannya. Beberapa teman dekatnya melakukan penelitian tentang buah-buahan tropis dengan berbagai macam perlakuan. Buah yang dibutuhkan untuk penelitian adalah buah yang kualitasnya bagus dan jumlahnya mencapai ratusan kilo. Alhasil setelah diteliti, buah tersebut bisa dibagi-bagi. Termasuk saya, yang langganan kebagian buah gratisan. Karena bidangnya teknik pertanian, penelitian yang mereka lakukan adalah penelitian fisik, artinya tanpa perlakuan dengan bahan kimia. Jadi buahnya tetap aman dikonsumsi. Beberapa buah yang berhasil saya manfaatkan diantaranya adalah:

Ini buah pertama yang saya nikmati. Penelitian yang dilakukan terhadap manggis ini adalah tentang respirasi. Jangan tanya ke saya apa itu respirasi buah, saya juga nggak ngerti. Yang saya tahu, buah ini masih uenak dan segar ketika saya makan. Untuk perlakuan pertama saja, si peneliti sudah membeli 50 kg manggis matang. Katanya masih ada 2 perlakuan lagi. It means masih ada sesi bagi-bagi manggis lagi.

Buah kedua, tomat. Tomat ini diteliti ketahanannya pada saat transportasi darat. Jadi, yang dilihat adalah penampilan fisik tomat setelah di pack selama beberapa jam dan digoncang-goncangkan seolah ada di atas mobil pengangkut. Hasilnya, masih banyak yang bagus-bagus, segar lagi. Si peneliti telah membeli 130 kg tomat untuk perlakuan pertama, dan 80 kg untuk perlakukan kedua. Sangking banyaknya, buah ini sempet saya bagi-bagikan ke orang-orang di kantor. Ada perlakuan ke tiga ga ya??? *ngarep*

Buah berikutnya, Alpukat. Kalau untuk yang satu ini saya nggak tahu apanya yang diteliti. Yang jelas ketika saya menerima kiriman buah ini, kulitnya sudah hitam dan jelek sekali teksturnya. Tapi pas saya kupas, dalemnya masih mulus, lus! Nggak bau pula. Sayangnya berhubung banyak yang suka alpukat, saya nggak kebagian banyak. Cuma 5 biji aja. Alhamdulillah………

Daaaaan, yang terakhir adalah belimbing. Untuk yang satu ini, kirimannya belum sampai ke tangan saya. Tapi saya sudah pesen minta dikirimin.
Saat ini penelitiannya belum selesai. Sepertinya penelitiannya juga tentang respirasi. Belimbing yang dipakai mencapai 100 kg. Saya sudah siap2 sambel aja di kulkas, tinggal colek kalo ada yang ngirimin. Mudah2an buahnya masih enak. 

Rasanya senang sekali saya bisa memanfaatkan penelitian mereka. Sayangnya nggak ada yang penelitian tentang DUREN.

Nah, lalu apa penelitian adik saya?
Dia penelitian tentang mesin pemotong rumput, jadi siap-siap aja saya menerima kiriman rumput di rumah .
Duuuuuh, kenapa nggak yang bisa dimakan aja sih dek???

Demikianlah yang dapat saya jabarkan tentang manfaat penelitian. Sangat bermanfaat bukan, terutama buat saya.

Gimana, masih keliatan serius?

Oia, gambarnya bukan foto asli. Saya nyomot aja dari internet.

23 thoughts on “Manfaat Penelitian

  1. wedeeehh itu tomat banyak buangeett Mbak..aku juga mau dikirimi *bisa buat maskeran dan makan pake gula pasir* nyam nyam…semoga penelitian-nya membuahkan hasil yang oke buat masyarakat banyak..amiiinnnnnnn

  2. Katanya siy, udah standarnya gitu mbak, soalnya kalo di pengangkutan kan nggak mungkin yang dibawa cuma beberapa kilo, tapi beratus2 kilo :)Samaaaaaa……aku doyan bgt tomat di gula pasirin.

  3. Hahahahha…bunda malah udah pesen. Sayangnya nggak dijual bun, males ngejualnya katanya. Jadi cukup di bagi2 aja. Bunda kebagian ceritanya aja ya? Hahhaahampuuuuuuun bun!

    1. I salute teachers like Luis and Jake. We will get there because of them. One day, one of their pupils will become the Education Minister sohmeeerw. Then, no one will remember us, but things will change.By the way, I love Chile. Someday, I will go there again and go to Easter Island to find out what those statues are waiting for….

    1. Heheheh, ini masih postingan pindahan dari MP dulu teh. Belum aku tambah. Aku lagi stress sama lemotnya WP negh, masih belum tau gimana ngatasinnya. Asli bikin senewen.

Leave a Reply

