Jambu Kristal

Ada yang pernah denger namanya?
Yang udah tau, anggep aja pelajaran ulang. Yang belum tau, di simak ya. nanti keluar pas ujian! Heheheheheh….

Apa uniknya jambu kristal? Apakah jambu ini bertahtakan kristal? Eits……tentu tidak.

Ini adalah jambu biji yang bijinya antara ada dan tiada, kalau kata anak muda jaman sekarang, ini adalah jambu galau.

Jambunya renyah banget, daging buahnya tuebel dan bijinya cuma seemprit. bahkan kalau kualitas super, bisa nggak ada sama sekali. Nah, yang super ini, harganya juga super mahal. Di Botani Square aja, di bandrol 40 ribu per kg. Tapi kalau yang kualitas dibawahnya, ada yang 10 ribu, bahkan 5 ribu per kg kalo lagi promo (kalau ini harga di kampus .

Nah, kalo harga pasaran di stasiun dan pasar bogor, antara 10 – 15 ribu per kilo. Kalau mau beli bibitnya, yang saya tau harganya berkisar antara 25 – 35 ribu/batang.

Sebagai penikmat jambu biji, saya seneng bgt ada jambu yang bijinya ngacir semua kayak gini, makannya ga ribet, dan kita tetep bisa menikmati daging buahnya yang manis. Kalau lagi nggak beruntung bisa dapet yang plain juga siy rasanya.

Jambu kristal ini lagi happening banget di Bogor. Petani mulai bisa membudidayakannya sejak 1,5 tahun lalu. Maklum, sebelumnya jambu ini harus diimpor dulu karena susah untuk dibudidayakan di Indonesia. Adalah Taiwan yang mulai memperkenalkan jambu ini ke tanah air, so banyak juga yang menyebut jambu kristal sebagai jambu taiwan. Oia, selain di bogor, ada daerah lain juga yang membudidayakan seperti lampung, mojokerto dan karawang.

Kendala utama dalam budidaya jambu minim biji ini adalah sulitnya pohon berbuah lebat, besar dan tetap nancep di pohon sampai saatnya matang. Biji merupakan sumber energi untuk pembesaran buah, jadi ketika tanpa biji, apalah artinya sebuah jambu biji. *halaah*  (saya ngutip dari pakar di pusat kajian buah tropika IPB)

Tapi ternyata, ketika tanpa biji, jambu ini malah makin berarti, makin mahal dan makin di cari. Bisa jadi alternatif oleh2 bogor selain talas, roti unyil, apple pie dan makaroni panggang. Oia, jambu ini di jepang nge-hits juga loch.

Gara-gara rapat siang tadi disuguhi jambu ini, tiba-tiba jadi pengen posting. Selamat menikmati! ^^

Advertisements

39 thoughts on “Jambu Kristal

  1. jarang liat neh… tapi keliatan mengundang… ntar kalo ketemu neh jambu galau berarti gw bisa ngomong "Lo, Guwe, Pren.."…. temenan gitu maksutnya… gwakakak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s