Sudah ada berapa keturunan di keluarga besarmu?

Pas acara halal bihalal sekaligus pertemuan keluarga besar kemarin, saya dapet ilmu baru. Ilmunya adalah urutan keturunan manusia dalam istilah jawa.
Jadi, kalo dalam budaya Jawa, tiap satu keturunan itu ada istilahnya masing2. Terdapat 18 belas keturunan yang ada istilahnya. Tau deh kalo turunan yang ke 19 apa sebutannya. Hehehe..
Nah, berikut ini istilah2nya mulai dari keturunan yang ke-1.
1. Anak
2. Putu, kalo bhs indonesianya “cucu”
3. Buyut
4. Canggah
5. Wareng (masi sodara ga ya ma wereng a.k.a hama?)
6. Udhek-udhek
7. Gantung siwur (apaaa ini? Gayung kok dibawa2. Siwur itu = gayung)
8. Cicip moning (nama yg aneh bukan?)
9. Petarangan bobrok (kyaaa turunan ke-9 bobrok negh)
10. Gropak senthe
11. Gropak waton
12. Cendheng (kok rada mirip2 gendheng ya?)
13. Giyeng
14. Cumpleng
15. Ampleng (untuuung ga kampleng)
16. Menyaman
17. Menya-menya
18. Trah tumerah.

Kalo saat ini, nenek saya udh punya 3 turunan, jadi udah sampe punya buyut yang jumlahnya 11 org.
Kalo ngumpul semua, gag kebayang deh ramenya.

Nah, kalo dalam bahasa daerah laen ada istilah2nya ga ya?……

37 thoughts on “Sudah ada berapa keturunan di keluarga besarmu?

  1. @ medi : nenek sama adeknya nenek tingkatanya sama dalam 1 keturunan. Kalo diurut dari nenek medi, berarti udh ada 2 turunan. Kalo medi ato sepupu medi udah ada yg punya anak, berarti udah 3 turunan.

  2. @ peace196 : yg paling tua tergantung dikeluarga bsarnya. Kalo di keluarga besar saya, saat ini nenek saya. Jadi bpak saya sebagai anak, saya sbg cucu, trus ponakan2 saya sbgai buyut. Nenek saya sudah punya 3 keturunan yg masih intens silaturahmi dan komunikasi.

  3. @ mb sita : iyo mbak, emg tergantung ngitungnya dari mana. Aku ngitung dari nenekku, jadi udah ada 3 keturunan. Berarti dikau 4, yak?Wah, kira2 mpe keturunan ke berapa yak, kita masih bsa saling kenal?

  4. kalo aku, silsilah dari paling bawahnya. . . aku-ortu-nenek-buyut-ortunya buyut. .ktana sie turunan dr kraton jogja, tp ko darahku merah ya. .G ada darah2 biru na. .ckckck. .kalo pd ngumpul ky pasar dadakan. .Hehe. .

  5. wihh.. ternyata di jawa ada istilahnya ya.. kalo aku di padang malah nggak tau.. sampe dengan aku udah turunan ke empat.. karena sepupu dah pada merit n punya anak jadi anaknya turunan ke lima.. tapi tetep aja dari turunan dua dan tiga aku manggilnya sama.. "nenek" abis bingung.. hehe

Leave a Reply

