Lebaranku dulu dan sekarang

Udh dibikin, tp bru sempet posting.

Malem lebaran, Jam 21.34 waktu dapur rumahku tercinta.

Gema takbir b’kumandang di mushola, masjid dan jalan raya disekitar rumah saya. Aura lebaran sangat kental terasa.
Malam ini, spt malam lebaran beberapa tahun sblmnya, kami skeluarga mengadakan proyek masak memasak. Mulai dari bikin ketupat, masak opor, bikin sambel dll, makanan khas lebaran.
Sambil asyik masak ma mami n my sista, saya t’goda utk mengingat masa lebaran waktu kami msh muda belia.

Kerasa bgt bedanya. Dlu
sebagian besar momen lebaran, selalu saya lalui di rumah nenek di purworejo ato kulon progo. Pada saat itu, seluruh keluarga besar ngumpul. Pakdhe, budhe, om, bulik, plus sepupu2. Mgkn jumlahnya hampir 30 org dlm satu rumah. Ramee bgt.
3 hari sblm lebaran, keluarga saya udh mudik ke rumah nenek. Disna kami para cucu dpt tugas bersih2 rmh nenek. Karena acara bikin jenang jdi agenda wajib, kamipun punya agenda rutin mengepel lantai pake kelapa parut, sisa bikin jenang. Klo udh dpt tugas itu, malesnya minta ampun. Tp puas bgt pas liat lantai jdi licin n mengkilap.
Di malam takbiran, kesibukan makin meningkat. Org2 dewasa membuat beraneka mcam masakan. Sementara itu,kami yg masih kecil2 sibuk maen kartu, maen petasan, maen kembang api, dll. Dan tidur hingga larut malam.
Paginya, stlh sholat ied, diadakan acara sungkeman sama kakek nenek yg dipastikan berakhir dgn dramatis, penuh tangisan dan sendu. Baru stelah itu kami makan b’sama dan silaturahmi ke sodara2. Biasanya saya bru pulang ke batang lgi pada H+7.

Namun sejak kakek nenek meninggal, saya sekeluarga merayakan lebaran di rumah dan baru mudik pada lebaran ke 2 ato 3, itupun hanya 1 ato 2 hari aja. Kemeriahan lebaran masa kecil sudah tak dirasakan lgi. Di rmh hanya ada bpk, ibu, saya dan 2 adek saya.
Dimalam lebaran kami memasak sekedarnya aja. Ketupat, opor dan sambel goreng kentang, jdi menu wajib. Bersih2 rmh sudah dilakukan jauh hari sebelumnya. Tak ada lgi acara ngepel pke kelapa parut.
Esoknya, setelah sholat ied, kami saling maaf2an dan dipastikan berakhir dramatis jga. Pada saat itu, kerasa bgt hangatnya keluarga yg saya miliki.
Abis menyantap menu lebaran, kamipun silaturahmi ke tetangga2 yg sebagian besar bisa saya kunjungi hanya saat lebaran saja.
Sedihnya, di batang kami tak punya kerabat. Jadi…kalo udh silaturahmi ke tetangga2, ya udh, lebaran hanya kami habiskan dirumah aja. Hiks…
Begitulah pengalaman lebaran saya, kalau anda?

Advertisements

4 thoughts on “Lebaranku dulu dan sekarang

  1. dari dulu sampe skrg alhamdulilah tradisi sungkeman ba'da sholat ied tetap terjaga dirumah saya.Hari pertama dan selanjutnya ndak kemana-mana.hanya ke makam bareng keluarga utk berdo'a.keluarga besar dan tetangga pada datang kerumah saya.sampai2 keramain rumah dah identik dgn pasar.tapi yg paling ceria adl anak2 kecil yg lari sana-sini.begitulah…:-)okey besok ada HALAL BIL HALAL dirumah embahku…utk 3-4 hari kedpn akan jd sibuk..huhu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s