Tindihan?? Ih…………….Takuuuuuuuuuuut!

Pernah tindihan?
Saya sempat beberapa kali mengalaminya. Terakhir saya mengalaminya tadi pagi.
Kalo abis tindihan, kadang mpe ga berani tidur lagi.

Barangkali ada temen2 yang pernah mengalaminya atau pengen tau lebih jauh tentang tindihan, saya postingin artikel nya neh. Sumbernya saya  lupa, coz udah lama banget dapet artikel ini.

Mudah-mudahan bermanfaat.

TINDIHAN (ISP)

A. Definisi Tindihan


Secara Mitologi, “Tindihan” adalah pengalaman seseorang “ditumpangi” atau “diduduki” dan “diserang mahluk halus. Secara ilmiah dikenal dengan istilah “Isolated Sleep Paralysis” (ISP). Biasanya terjadi pada saat tidur baru saja dimulai. Seorang individu yang mengalami tindihan alias ISP akan merasakan seperti terjaga dalam keadaan sadar, tetapi tidak mampu bergerak atau menggerakkan anggota tubuhnya, tidak mampu berbicara/teriak dan tidak mampu menangis. Seringkali disertai perasaan cemas dan ketakutan yang hebat, sehingga berusaha untuk “bangun” tapi tidak bisa dan tidak berdaya. Mereka yang mengalami ISP, dilaporkan mengalami mimpi buruk dan halusinasi, melihat keberadaan “mahluk” dari dunia lain.

B. Gejala-gejala ISP

Kondisi ini sering terjadi pada individu yang tidur dengan posisi terlentang, wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak dalam tidurnya atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur. Dapat berlangsung hanya dalam beberapa detik atau lebih lama. Seringkali disertai perasaan “sesuatu yang mengerikan” menekan daerah leher atau dada, sehingga mengalami kesulitan nafas, tak mampu berteriak dan bergerak. Banyak yang menyebutnya sebagai “teror di tengah malam”.

Rasa sesak dan seperti dicekik muncul karena dalam tahap R.E.M terjadi ketidaksinkronan antara lalu lintas udara dalam sistem pernafasan dengan tingkat kesadaran seseorang. Sedangkan rasa takut, yang sering divisualisasikan sebagai keberadaan mahluk lain, diduga dialami seorang individu karena sedang berusaha mengatasi dan mengindentifikasikan rasa takut dan teror yang disimpannya dalam kehidupan nyata.

Seorang peneliti ISP, Al Cheyne dari University of Waterloo, menduga bahwa ISP adalah sejenis halusinasi yang dialami seorang individu, karena adanya malfungsi dari tahap R.E.M (Rapid Eye Movement) dalam tidur seseorang. Malfungsi ini bisa disebabkan oleh stres, kelelahan fisik luar biasa dan kurang tidur. Ia juga menemukan fakta bahwa ISP selalu terjadi pada orang-orang yang tidur terlentang. Menurutnya , mengubah-ubah posisi tidur dapat mengurangi resiko terserang ISP.

Diperkirakan setiap orang pernah mengalami ISP, sekali atau dua kali dalam hidupnya. Mereka yang sering mengalami tekanan psikis dan fisik akan lebih banyak mengalami ISP. Kondisi geologis dan lingkungan kerja juga dapat mempengaruhi seseorang sehingga mengalami “tindihan.” Misalnya mereka yang bekerja dalam shift lalu kekurangan tidur dan memiliki pola tidur yang tidak teratur. Beberapa penelitian bahkan menemukan, perasaan positif yang sangat kuat, seperti jatuh cinta atau setelah melakukan hubungan seks, dapat pula menyebabkan ISP.

Saat ini penelitian juga diarahkan kepada pengaruh keadaan geomagnetik dan/atau keadaan geologis terhadap fenomena ISP. Para peneliti mengemukakan teori, bahwa orang-orang yang tinggal di kawasan yang secara geologis aktif, seperti di daerah sekitar Samudera Pasifik, yang dikenal sebagai “Ring of Fire”, lebih sering mengalami ISP.

C. ISP dalam berbagai budaya

  • Indonesia Dikenal dengan istilah “Tindihan” (baca : ditekan/ditindih). Menurut kepercayaan Jawa Kuno, tindihan disebabkan oleh naiknya roh-roh halus dari tempat penyimpanan air di bawah tanah ke bawah tempat tidur seseorang.
  • Spanyol Orang-orang Spanyol menyebutnya “Pesadilla” dengan penjelasan serupa dengan “Tindihan”.
  • Jepang “Kanashibari” demikian mereka menyebutnya. Peneliti masih berusaha menemukan kaitan letak geologis Jepang di kawasan pasifik dengan fenomena tindihan.


D. Pencegahan dan cara mengatasi

Stress;
Usahakan hidup sehat, baik secara fisik maupun psikis. Stres diduga penyebab terbesar ISP. Atur pola tidur menjadi lebih teratur. Jangan makan dalam jumlah kebanyakan, minum alkohol/kafein dan merokok menjelang tidur, sehingga dapat mengganggu pola tidur.

Posisi Tidur;
Posisi tidur terlentang diduga menjadi salah satu penyebab ISP. Usahakan ganti-ganti posisi tidur.

Membuat Gerakan Kecil;
Beberapa orang menyarankan untuk membuat gerakan mata dengan cepat, agar dapat keluar dari situasi ISP.

Membuat Gerakan Mental;
Jika seseorang mengalami ISP, ia akan merasakan susah bergerak atau menggerakkan anggota tubuhnya. Padahal ini bukan pergerakan fisik yang sebenarnya, melainkan gerakan mental. Para ahli menganjurkan untuk terus berusaha “melawan” dan menggerakkan anggota tubuh melalui kekuatan pikiran.

Pengobatan Medis;
Diperlukan jika seseorang terlalu sering mengalami ISP. 

Advertisements

One thought on “Tindihan?? Ih…………….Takuuuuuuuuuuut!

  1. Setahuku itu disebutnya eureup-eureup. Dalam pemahaman orang Sunda, eureup-eureup disebabkan oleh jin ato makhluk halus. Dulu juga aku sering ngalamin kyk gitu, biasanya setelah kita bersikap tenang dan baca doa eureup-eureupnya hilang. Biasanya aku ngalamin hal kyk gitu kalo sebelum tidur ga baca doa dulu.

  2. Ya.. di sunda ereup-ereup namanya.Pernah dalam semalem mpe berkali2 mba. Padahal udah baca doa-doa juga. Tetep ga ilang.Klo lgi tindihan, ada temen yg ngasih advice suruh balik bantal lah, bersihin tempat tidur lah. Pokoke pke ritual macem2. Hasilnya, ada yg ngaruh ada yg nggak sih.Anehnya, aku pernah loh tindihan di bis pas mau mudik ke rumah. Makanya aku berusaha cari penjelasan ilmiahnya. Dan ternyata benar, ga semuanya disebabkan oleh makhluk halus.

  3. wah gw sering tuh, terakhir sekitar 3 bulan yg lalu, badan gk bisa bergerak, teriak, trus bingung mo apa, tapi tetep denger dan berusaha untuk sadar, lama banget untuk bisa sadar agak tersiksa emang,, wah mudah2an gak lagi deh.. cuma anehnya bila ada spontanitas bunyi atau suara yang spontan itu bisa langsung sadar,, wah rasanya lega… oya gw juga suka tidur pas keadaan nyenyak tiba2 seperti jatuh kejurang atau dari suatu ketinggian tertentu sehingga merasa diri kaget serta cemas dan akhirnya langsung bangun,, itu sama nyiksanya juga.. fuhh…aneh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s